Pages

Tuesday, July 9, 2013

Keutamaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dimana di dalamnya allah memberkahi segala amalan yang kita lakukan… semua hari dan semua malam adalah malam-malam penuh dengan kasih sayang allah.. pernahkah kita merasakan begitu rindunya akan bulan ramadhan… jika kita tidak pernah merindukan bulan ramadhan mungkin itu karena kita tidak pernah tau apa keutamaan bulan ramadhan tersebut. Adapun ada tujuh keutamaan dimulan ramadhan adalah :
1. Ramadhan adalah Bulan diturunkannya Al-Quran
keutamaan ramadhan
“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah 185)
2. Bulan Pendidikan untuk Mencapai Ketaqwaan
bulan ramadhan
“Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertaqwa (QS. Al Baqarah 183)
3. Bulan Pernuh Keberkahan
“Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kamu berpuasa, karena dibuka pintu- pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan dibelenggu syaitan- syaitan, serta akan dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak berhasil mem¬peroleh kebaikannya, sungguh tiadalah ia akan mendapatkan itu untuk selama-lamanya.” (HR Ahmad, An-Nasa’l, dan Baihaqi).
4. Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa
“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari)
“Shalat yang lima waktu, dari jumat ke jumat, dan Ramadhan ke Ramadhan, merupakan penghapus dosa di antara mereka, jika dia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim)

5. Bulan Dilipatgandakanya Amal Sholeh

Khutbah Rasululah saw pada akhir bulan Sa`ban “Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan. Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu,nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan (HR. Bukhori-Muslim).
6. Dibuka Pintu Surga, Ditutup Pintu Neraka
“Jika datang Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan syetan dibelenggu.” (HR. Muslim)
7. Terdapat Malam yang Penuh Kemuliaan dan Keberkahan yaitu Lailatul Qadar
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr 1-3)
Begitu dahsyatnya keutamaan dalam bulan ramadhan… maka mengapakah kita tidak pernah merindukan bulan mulia yang allah berikan untuk kita tersebut… sesungguhnya orang yang merindukan bulan ramadhan maka diharamkan baginya neraka…
saya pribadi sangat merindukan ramadhan… jika kita perhatikan lingkungan dan suasana sewaktu ramadhan.. pasti kita akan merindukan suasana itu.. dimana diwaktu malamnya kita akan pergi bersama-sama memakmurkan mesjid untuk mendirikan terawih… bahkan shalat wajib lainnya seperti shalat subuh yang jika diluar ramadhan masih sepi sewaktu ramadhan mesjid dapat penuh dengan jama’ah… setelah terawih kita akan bersama-sama bertadaruss di mesjid.. saya merindukan ketika dapat mengajarkan mengaji anak - anak di mesjid atau disurau.. subhanallah buat saya ramadhan adalah bulan istimewa yang diberikan allah sebagai hadiah buat kita… disanalah kita dapat belajar memperbaiki diri… menahan nafsu dan amarah… disana juga kita semakin banyak belajar merenungi segala perbuatan kita di luar ramadhan… semoga kita diberikan umur panjang untuk menyambut ramadhan.. dan semoga ramadhan ini dapat menjadikan kita lebih shaleh dan bertaqwa… Amin…

No comments:

Post a Comment